Tugas Bahasa Indonesia

Bookmark and Share

Nama   : Riswan Setyohadi
NIM    : 10.11.3635 / 10.S1TI.02

Hiren’s Bootable, CD Mungil Sang Penyelamat Data di Komputer
Perangkat lunak (Software) merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak (Software) komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu perangkat lunak berbayar dan perangkat lunak gratis atau free (Freeware) . Perangkat lunak berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil. Setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan perangkat lunak tersebut harus membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan perangkat lunak berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan perangkat lunak  tersebut secara bebas tanpa ijin dari penerbitnya. Contoh perangkat lunak  berbayar ini misalnya adalah Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photo shop, dan lain-lain. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari perangkat lunak  berbayar yang mewajibkan penggunanya membayar, misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan. Para pengembang perangkat lunak gratis seringkali membuat perangkat gratis untuk disumbangkan kepada komunitas, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. . Contoh perangkat lunak  gratis ini misalnya  Hiren’s BootCD. Software Hiren’s ini bisa diunduh secara gratis melalui situs www.hiren.info.
Hiren’s BootCD adalah program bootable cd gratis yang berisi banyak sekali tools yang berguna untuk berbagai keperluan. Hiren’s BootCD dapat digunakan untuk memperbaiki sistem dari kerusakan akibat sistem crash, serangan virus sampai windows gagal booting. Selain itu Hiren’s BootCD bisa dipakai untuk backup sistem windows , manajemen partisi harddisk sampai manajemen password windows . Hiren’s BootCD dijalankan dari keping cd dan bisa juga boot dari usb sama seperti proses install windows dari flashdisk . Didalam Hiren’s BootCD sudah tersedia berbagai macam tools seperti:
1.      Tool Partisi
Tools ini berguna untuk manajemen partisi harddisk, dengan tools ini anda bisa membuat, memodifikasi, menghapus maupun membackup partisi harddisk dengan mudah.
2.      Backup dan recovery
Tools ini berguna untuk backup sistem operasi, recovery data hilang yang disebabkan oleh kesalahan pengguna ataupun terkena virus.
3.      Antivirus Tool
Tools ini berguna untuk membersihkan virus tanpa melalui sistem operasi sehingga lebih optimal.
4.      Testing Tool
Tools ini berguna untuk beberapa keperluan seperti pengecekan memori, pengecekan kerusakan harddisk dan pengecekan perangkat keras lainnya dalam komputer.
5.      Password Tools
Tools ini berfungsi untuk  recovery dan modifikasi password windows seperti reset password administrator maupun modifikasi pengguna lain.

Selain beberapa tools diatas, masih ada banyak lagi tools dan utility yang ada didalam Hiren’s BootCD yang sangat membantu kita. Bagi para teknisi komputer tentunya sudah tidak asing dengan Hiren’s BootCD. Karena tools dan utility yang ada di dalam Hiren’s BootCD sangat membantu kerja para teknisi komputer dalam menangani kasus-kasus yang tidak dapat terselesaikan dengan utak-atik sistem operasi secara langsung. Saya pribadi setiap menemui berbagai permasalahan seputar kerusakan komputer sering menggunakan tools dan utility yang ada di dalam Hiren’s BootCD. Hasilnya bisa dibilang bagus dan bisa mempercepat kerja saya. Kebanyakan para pengguna sistem operasi windows bila ada suatu permasalahan dengan sistem operasinya yang rusak baik itu kena virus, registry yang bermasalah, bootsector yang rusak, hilangnya salah satu file penting sistem operasi, driver yang tidak cocok dan lain sebagainya, Pengguna tersebut akan langsung install ulang sistem operasi tanpa mau kerepotan dan ingin cara yang sederhana agar sistem operasi konsumen cepat sehat. Untuk itu, sebaiknya anda segera mulai mencoba menggunakan dan mempelajari tools dan utility yang ada didalam  Hiren’s BootCD agar jika suatu saat anda mengalami masalah dalam komputer, anda bisa menangani sendiri masalah tersebut sehingga tidak harus membayar seorang teknisi komputer untuk memperbaiki komputer anda.

{ 0 Comments... Views All / Send Comment! }